Heliwasnimar, Heliwasnimar (2010) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Volume Bangun Ruang dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN 24 Sumpur Kudus. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HELIWASNIMAR_09925_2010.pdf [thumbnail of final_B1_HELIWASNIMAR_09925_2010.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HELIWASNIMAR_09925_2010.pdf
Download (264kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran
sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Masalah utama dalam
penelitian ini adalah pencapaian aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 24
Sumpur Kudus pada pembelajaran volume bangun ruang siswa kelas V dengan
menggunakan pendekatan CTL, yang mana penyampaiannya berupa teori sehingga
konsep materinya masih kurang dipahami siswa. Masalah tersebut disebabkan oleh
pembelajaran yang diselenggarakan guru lebih bersifat penyampaian dengan
penggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pendengar pasif. Padahal
pembelajaran matematika dapat dilaksanakan dengan kegiatan yang menyenangkan,
karena tanpa disadari siswa pembelajaran sering mereka jumpai dalam kehidupan
sehari-hari. Pembelajaran dapat dilakukan dengan membimbing, menuntun,
mengarahkan, serta memotivasi siswa untuk mencari tahu sendiri materi yang ingin
dipelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada volume bangun ruang dengan pendekatan CTL
di kelas V SD.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian
terdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan dan refleksi.
Nilai ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CTL pada
siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, di mana ketuntasan belajar siswa siklus
I dengan rata-rata 50% dan pada siklus II adalah 91%. Selain itu, siswa telah terlatih
untuk mencari tahu, mengujicobakannya di dalam kelompok belajar dan kemudian
mengkomunikasikannya kepada teman yang lain. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran volume bangun ruang dengan menggunakan
pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V
SD Negeri 24 Sumpur Kudus, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 01:42 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 01:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25475 |