Nancyvivianeri, Nancyvivianeri (2011) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Contextual Learning (CL) pada Materi Ekosistem untuk SMA Kelas X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NANCY VIVIANERI_84009_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NANCY VIVIANERI_84009_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NANCY VIVIANERI_84009_2011.pdf
Download (200kB)
Abstract
Bahan ajar merupakan bagian yang penting dalam pelaksanaanpembelajaran di sekolah. Agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan bisamembantu siswa belajar mandiri, guru harus memiliki keterampilan dalammembuat dan mengembangkan bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapatdibuat dan dikembangkan guru adalah modul. Guru sebaiknya menggunakanmodul sebagai bahan ajar untuk membantu kelancaran proses pembelajaran.Namun, dari hasil pengamatan penulis di beberapa SMA di Kota Batusangkar, halini belum dapat terwujud dengan baik terutama untuk materi ekosistem. Untuk ituperlu dikembangkan modul pembelajaran berbasis Contextual Learning (CL)yang dapat membantu siswa belajar mandiri dan dapat menarik minat siswa dalampembelajaran, sehingga materi yang dipelajari mudah dipahami, karena siswatidak hanya membaca, tetapi langsung mengaplikasikannya dalam kehidupannyata. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian yang bertujuan untukmenghasilkan modul CL pada materi ekosistem, kemudian mengetahui validitasdan praktikalitasnya.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan denganmenggunakan 4-D models yang telah dimodifikasi terdiri dari 4 tahap yaitu,define, design, develop dan disseminate, namun tahap disseminate tidakdilakukan. Tahap define terdiri dari analisis kurikulum yaitu KTSP dan analisissiswa. Pada tahap design dilakukan perancangan modul berbasis CL. Pada tahapdevelop dilakukan uji validitas oleh validator (3 orang dosen biologi dan 3 orangguru biologi SMA) dan uji praktikalitas oleh 1 orang guru biologi dan 20 orangsiswa kelas X. Data ini dianalisis dengan analisis deskriptif.Hasil uji validitas modul oleh validator menunjukkan bahwa modul inivalid ditinjau dari aspek didaktik, konstruksi dan teknis. Hasil uji praktikalitasmodul oleh guru dan siswa menunjukkan bahwa modul ini praktis ditinjau dariaspek kemudahan penggunaan, manfaaat yang didapat dan efektivitas waktupembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa modul berbasis CL pada materiekosistem yang dihasilkan sudah valid dan praktis sehingga bisa digunakan untukpembelajaran biologi di SMA kelas X.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI, EKOSISTEM |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 08:58 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 08:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25467 |