Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Strategi DRTA pada Siswa Kelas IV SD Negeri 08 Padang Barat.

Rahman, Robi (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Strategi DRTA pada Siswa Kelas IV SD Negeri 08 Padang Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROBI_RAHMAN_07449_2011.pdf] Text
final_B1_ROBI_RAHMAN_07449_2011.pdf

Download (170kB)

Abstract

Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimanakah peningkatan
kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi DRTA pada
siswa kelas IV SD Negeri 08 Padang Barat. Karena berdasarkan studi
pendahuluan yang diperoleh bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa
masih kurang, penyebabnya adalah guru belum banyak melakukan upaya khusus
untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca
pemahaman. Dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah,
tanya jawab, dan belum menggunakan media yang cocok dalam pembelajaran,
sehingga siswa jadi bosan dan kurang berkosentrasi dalam belajar, serta penggunaan strategi belajar mengajar yang kurang tepat dan efektif. Tujuan
penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan cara peningkatan kemampuan
membaca pemahaman dengan menggunakan strategi DRTA pada siswa kelas IV SD Negeri 08 Padang Barat pada tahap prabaca, saatbaca, dan
pascabaca.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti
melakukan kolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV
SD Negeri 08 Padang Barat, berjumlah 27 orang yang terdiri dari 10 siswa lakilaki
dan
17
siswa
perempuan.
Data dikumpulkan
dengan
menggunakan
lembar

observasi,
wawancara
dan
tekhnik
tes.

Hasil yang dicapai dari 27 orang siswa selama pembelajaran pada siklus I
belum sepenuhnya berhasil masih kategori cukup, karena terlihat hasil
pembelajaran pada siklus I yaitu 67,2 dan pada siklus II yaitu 83,6. Pada siklus II
hasil yang dicapai lebih baik, setelah dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan
pembelajaramn. Dengan demikian strategi DRTA telah dapat meningkatkan
kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:55
Last Modified: 24 Sep 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25448

Actions (login required)

View Item
View Item