Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Bagi Siswa Kelas V SD Islam Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh

Heldayeti, Heldayeti (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Bagi Siswa Kelas V SD Islam Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HELDAYETI_52140_2011.pdf] Text
final_B1_HELDAYETI_52140_2011.pdf

Download (471kB)

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang harus dikembangkan
secara dini mulai dari pendidikan dasar dengan cara yang tepat dan sistematis.
Keterampilan menulis sangat diperlukan oleh siswa sebagai sarana belajar di
sekolah dan menunjang aktifitas dalam kehidupan sehari hari. Berdasarkan
informasi dan hasil pengamatan bahwa pembelajaran menulis puisi yang
dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar masih rendah. Salah satu penyebab
rendahnya keterampilan menulis puisi karena pendekatan yang dilakukan guru
kurang tepat. Selain itu guru juga kurang memberikan contoh dalam
pembelajaran menulis puisi. Untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi
digunakan pendekatan kontekstual.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendiskripsikan cara peningkatan keterampilan menulis puisi dengan
menggunakan pendekatan kontekstual bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Islam
Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh.
Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Raudhatul
Jannah kota Payakumbuh. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah penulis
sebagai praktisi dan teman sejawat sebagai observer, yang disertai dengan
instrumen penunjang yaitu lembaran observasi dan hasil menulis puisi siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan kontekstual dapat meningkatkan
keterampilan siswa dalam menulis puisi, hal ini terlihat dari peningkatan nilai
yang didapat pada setiap siklus. Pada siklus I tahap pramenulis nilai rata-rata yang
didapat adalah kualifikasi baik (78,33%) tahap menulis nilai rata-rata yang
didapat adalah kualifikasi cukup (68,86%) tahap pascamenulis nilai rata-rata yang
didapat adalah kualifikasi cukup (70,83%), sehingga diperoleh rata-rata hasil
menulis puisi siswa siklus I adalah cukup (72,67%). Sedangkan pada siklus II
tahap pramenulis nilai rata-rata yang didapat adalah kualfikasi sangat baik
(88,33%) tahap menulis nilai rata-rata yang didapat adalah kualifikasi baik
(83,57%) tahap pascamenulis nilai rata-rata yang didapat adalah kualifikasi baik
(81,94 %), sehingga diperoleh rata-rata hasil menulis puisi siswa siklus II adalah
baik (84,61%).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:53
Last Modified: 24 Sep 2025 08:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25439

Actions (login required)

View Item
View Item