Hanggraini, Lucya Septi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode Discovery pada Pengukuran Keliling dan Luas Jajargenjang dan Segitiga di Kelas IV SDN 11 Wardana Kampung Jua Kec. Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LUCYA SEPTI HANGGRAINI 93634.pdf [thumbnail of final_B1_LUCYA SEPTI HANGGRAINI 93634.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LUCYA SEPTI HANGGRAINI 93634.pdf
Download (761kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan dikelas IV SDN 11 Wardana Kampung Jua, pembelajaran kurang melibatkan siswa dalam menemukan konsep, dan masih berpusat pada guru, sehingga pembelajaran hanya berlangsung satu arah, yang mengakibatkan hasil belajar masih jauh dari KKM yang sudah ditentukan. Untuk itu peneliti berupaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan rancangan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajarandengan metode discovery, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Langkah – langkah pelaksanaan pembelajaran dengan model Discovery adalah tahap merumuskan masalah, pengajuan hipotesis, mencari informasi, data, fakta, menarik kesimpulan/generalisasi dan aplikasi kesimpulan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 11 Wardana Kampung Jua yang berjumlah 28 orang. Hasil penilaian dari perencanaan berupa RPP siklus I adalah 53,6% dan 60,7%, sedangkan pada siklus II 78,6% dan 89,3%. Hasil penilaian dari pelaksanaan berupa aspek gurupada siklus I adalah 63,8% dan 77,7%. Pada siklus II adalah 86,1% dan 91,7%. Penilaian aspek siswa pada siklus I adalah 61,1% dan 75,0%. Pada siklus II 86,1% dan 91,7%. Hasil belajar siswa siklus I pada aspek kognitif nilai rata – rata siswa 57,1%, aspek afektif 59,4%, aspek psikomotor 56,5%. Pada pertemuan II aspek kognitif 67,6%, aspek afektif 65,9% dan aspek psikomotor 66,5%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I aspek kognitif 78,6%, afektif 68,9% psikomotor 67,9%. Pada pertemuan II aspek kognitif 85,7%, aspek afektif 74,4% dan psikomotor 76,1%. Dengan meningkatnya hasil penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar, maka dapat dikatakan model discovery dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pengukuran keliling dan luas jajargenjang dan segitiga.di SDN 11 Wardana Kampung Jua.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR MATEMATIKA, METODE DISCOVERY |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 08:44 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 08:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25412 |