Efrina, Resimel (2011) Pengaruh Proses Belajar Mengajar dan Lingkungan Belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RESIMEL_EFRINA_46919_2061_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RESIMEL_EFRINA_46919_2061_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RESIMEL_EFRINA_46919_2061_2011.pdf
Download (184kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh Proses Belajar Mengajar Indikator perencanaan perkuliahan, membuka perkuliahan, menyampaikan materi kuliah, metode mengajar, dan evaluasi perkuliahan. (2) Pengaruh Lingkungan Belajar Indikator lingkungan kampus dan Indikator lingkungan tempat tinggal terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Universitas Negeri Padang. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Populasi dalam penelitiaan ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi mulai dari angkatan 2005-2008. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 responden dengan teknik pengambilan sampel secara cluster proportional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh proses belajar mengajar dan lingkungan belajar cukup baik. Persentase variabel proses belajar mengajar pada indikator perencanaan perkuliahan 78,52%, indikator membuka pekuliahan 78,33%, indikator penyampaian materi kuliah 76,97%, indikator metode perkuliahan 78,16%, indikator evaluasi perkuliahan 69,61%, pengaruh proses belajar mengajar terhadap indeks prestasi mahasiswa cukup baik dan berpengaruh positif, dimana semakin baik proses belajar mengajar maka indeks prestasi mahasiswa juga semakin baik. persentase variabel lingkungan belajar indikator lingkungan kampus 67,53%, dan indikator lingkungan belajar rumah atau tempat tinggal adalah 76,24%. Hipotesis proses belajar mengajar menunjukkan (1) terdapat pengaruh proses belajar mengajar terhadap indeks prestasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, dimana dari hasil penelitian diperoleh F hitung 8,202 pada Sig 0,001 dengan α 0,1 (sig. 0,001 < 0,1 ). (2) tidak terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, Dimana dari hasil penelitian diperoleh T hitung sebesar -4,05 Sig 0,001 dengan α 0,1 (Sig 0,000 < 0,1 ) dimana T hitung lebih kecil daripada T tabel sebesar 1,292. Saran penulis berikan adalah perlu adanya upaya peningkatan dan pengembangan dari factor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, selain dari factor proses belajar mengajar, lingkungan belajar yaitu factor evaluasi hasil belajar agar hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi lebih baik dan tercapai.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses belajar mengajar,Perencanaan perkuliahan,Penyampaian materi,Lingkungan tempat tinggal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:22 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 06:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25400 |