Fajri, Najmiyatul (2012) Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Contextual Teaching and Learning) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Semester 1 di SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NAJMIYATUL FAJRI_96258.pdf [thumbnail of final_B1_NAJMIYATUL FAJRI_96258.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_NAJMIYATUL FAJRI_96258.pdf
Download (1MB)
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar adalah kurangnya motivasisiswa untuk belajar fisika karena siswa tidak melihat manfaat langsung dari apayang mereka pelajari untuk kehidupan sehari-harinya. Siswa dilatih untukmembangun pemahamannya sendiri tanpa bergantung kepada guru. Peranan guruadalah sebagai motivator dan fasilitator dalam proses membelajarkan siswanya.Siswa tertantang dan cenderung berpartisipati aktif menemukan, mendalamisendiri, dan berdiskusi dengan teman materi pelajaran akan lebih lama diingat.Kenyataan yang terjadi adalah siswa kurang aktif, sedikit beriteraksi dengan siswalain, maupun guru kurang memanfaatkan sumber belajar dan lain-lain. Keadaansiswa ini menyebabkan hasil belajar yang diperoleh masih rendah. Upaya yangdapat dilakukan untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi siswa adalahmenggunakkan LKS yang berbasis Contextual Teaching and Learning. Penelitianini bertujuan mengetahui pengaruh pengggunaan LKS berbasis ContextualTeaching and Learning terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X Semester 1SMA Negeri 7 Padang pada ranah kognitif dan afektif.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan Randomized Control GroupOnly Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas XSMAN 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Kelas sampelditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Alat pengumpulan datapenelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranahafektif. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t‟ pada taraf nyata 0,05untuk ranah kognitif dan ranah afektif. Dimana penelitian ini dilaksanakan diSMA Negeri 7 Padang pada tanggal 24 Oktober 2011.Dari hasil pengolahan data nilai rata-rata siswa menggunakan LKSberbasis Contextual Teaching and Learning pada ranah kognitif 80.83 dan nilairata-rata siswa yang tidak menggunakan LKS berbasis Contextual Teaching andLearning pada ranah kognitif 70.24 sedangkan pada ranah afektif kelaseksperimen 82.58 dan ranah afektif kelas kontrol 75.44. Berdasarkan analisis datamaka diperoleh bahwa Hipotesis diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwapenggunaan LKS berbasis Contextual Teachimg and Learning dapat memberikanpengaruh yang berarti terhadap hasil belajar Fisika siswa baik pada ranah kognitifmaupun pada ranah afektif.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | LKS BERBASIS CONTEXTUAL, HASIL BELAJAR FISIKA | 
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics | 
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 | 
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos | 
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:22 | 
| Last Modified: | 24 Sep 2025 06:22 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25399 | 
 
         