Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Pendekatan Pragmatik pada Siswa Kelas VI SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang.

Ulya, Nailul (2011) Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Pendekatan Pragmatik pada Siswa Kelas VI SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NAILUL ULYA_10546_2011.pdf] Text
final_B1_NAILUL ULYA_10546_2011.pdf

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini dilandasai oleh kenyataan di lapangan bahwa guru cenderungmenggunakan pendekatan yang konvensional dan miskin inovasi sehinggaberdampak pada keterampilan berbicara siswa rendah, pengamatan di lapangan dari30 siswa yang terampil berbicara hanya 27% atau 8 siswa. Mengatasi permasalahantersebut yang dilakukan guru adalah peningkatan keterampilan berbicara siswamelalui pendekatan pragmatik. Pendekatan pragmatik dapat memupuk dan melatihketerampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun tujuanpenelitian ini adalah untuk mendekripsikan dan mendapatkan informasi tentangpembelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan pragmatik untuk meningkatkanketerampilan berbicara.Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik, dan merupakan penelitiantindakan kelas. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan,pengamatan,dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dilakukan secarakolaboratif antara peneliti dan observer. Teknik yang digunakan dalam pengumpulandata adalah observasi.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan pendekatanpragmatik dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, adapun tahap- tahapnyasebagai berikut yaitu: 1) memilih dan mencatat pengalaman yang mengesankan, 2)mencatat identitas penutur dan mitra tutur, 3) mencatat konteks tuturan, 4) mencatattujuan tuturan, 5) bertindak tutur melalui wujud tindakan verbal, 6) bertindak tuturmelalui tindakan non verbal. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatanketerampilan berbicara siswa melalui pendekatan pragmatik, hal ini dapat dilihat daripeningkatan rata- rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 73% meningkatmenjadi 82,5% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN BERBICARA, PENDEKATAN PRAGMATIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:21
Last Modified: 24 Sep 2025 06:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25394

Actions (login required)

View Item
View Item