Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VA SDN 07 Teladan Kota Bukittinggi

Hasnita, Hasnita (2010) Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VA SDN 07 Teladan Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HASNITA_88177_2011.pdf] Text
final_B1_HASNITA_88177_2011.pdf

Download (249kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan pada tanggal 11 Nopember 2009 diperoleh
imformasi bahwa hasil belajar pada pembelajaran IPS di kelas VA SDN 07
Teladan Bukittinggi belum maksimal. Hal ini disebabkan guru hanya
menggunakan metode ceramah, sehingga siswa tidak termotivasidalam belajar.
Melihatdari kondisi yang demikian maka dilakukan penelitian terhadap
pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching
Learning (CTL) merupakan cara yang menuntut siswa untuk lebih kreatif dalam
menganalisa dari sebuah masalah, Penelitian bertujuan untuk merancang,
melaksanakan, dan penelitian, pembelajaran IPS dengan menggunakan
pendekatan CTL.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
Tindakan Kelas (PTK) Rancangan penelitian meliputi (1) Studi pendahuluan, (2)
Rencana I, (3) kegiatan pelaksanaan yang terdiri dari tahap pelaksanaan tindakan,
tahap pengamaatan dan refleksi, Penelitian ini dilakukan dua kali pertemuan
siklus I dan satu kali pertemuan siklusII, secara kolaboratif antara peneliti dan
guru. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan CTL ini dilaksanakan 7
langkah yaitu : 1)Kegiatan Kontruktivisme, 2) Kegiatan Inkuiri, 3)Kegiatan
Bertanya, 4) Kegiatan Komunitas Belajar, 5) Kegiatan Permodelan, 6) Kegiatan
Refleksi, 7) Penilaian Otentik.
Setelah melakukan pengamatan bersama dengan observer, diperoleh hasil
penelitian yaitu: hasil belajar IPS pada pertemuan I siklus I diperoleh ketuntasan
belajar 65,5 % dan pada pertemuan II meningkat menjadi 73%. Namun hasil
tersebut belum memenuhi syarat ketuntasan belajar sebesar 70%. Pada siklus II
hasil belajar siswa semakin meningkat yaitu 94% dengan kategori sangat baik.
Dengan demikian penggunaan pendekatan CTL dalam pembelajaran IPS dapat
meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian
ini diharapkan guru SD mencoba menggunakan pendekatan CTL ini dalam
kegiatan pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:52
Last Modified: 24 Sep 2025 04:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25392

Actions (login required)

View Item
View Item