Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak melalui Permainan Menara Gelang di Tk Sakinah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Hasnah, Hasnah (2011) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak melalui Permainan Menara Gelang di Tk Sakinah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HASNAH_79191_2011.pdf] Text
final_B1_HASNAH_79191_2011.pdf

Download (710kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak TK
Sakinah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dalam mengenal konsep bilangan,
mengenal konsep bentuk geometri, mengenal konsep warna dan mengenal konsep
huruf. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran peningkatan
kemampuan kognitif anak dengan menggunakan permainan menara gelang.
Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian tindakan kelas, dimana peneliti
menggunakan metode bermain yaitu melalui permainan menara gelang. Permainan
menara gelang dapat digunakan untuk meningkätkan kemampuan kognitif anak.
Penelitian ini terdiri dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan.
Subjek penelitian adalah anak TK Sakinah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang
yang terdiri dari 24 orang anak Pengambilan data penelitian dengan menggunakan
teknik observasi, dengan menggunakan alat dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan dengan teknik presentase.
Adapun hasil penelitian ini dapat dikemukakan yaitu terdapat peningkatan
kemampuan kognitif anak dalam hal mengenal konsep bilangan, mengenal konsep
bentuk geometri, mengenal konsep warna dan mengenal konsep huruf. Melalui
permainan menara gelang pada siklus pertama yaitu dengan permainan menara
gelang bebas, diperoleh nilai 50 %. Dan pada siklus kedua dengan permainan menara
gelang diatur diperoleh nilai tingkat persentase capaiannya menjadi 77,74%. Dari
hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan
kognitif anak mengenal konsep bilangan, mengenal konsep bentuk geometri,
mengenal konsep warna dan mengenal konsep huruf menunjukkan peningkatan hasil
belajar 20,94% dari siklus pertama. Saran yang dapat disampaikan sehubungan
dengan penelitian ini kepada guru dan orang tua yaitu untuk meningkatkan
kemampuan kognitif anak agar lebih kreatif merancang metode pembelajaran dan
salah satunya adalah melalui permainan menara gelang, dalam merecanakan
pembelajaran memerlukan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan
kognitif anak dan menciptakan suasana yang kondusif

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:41
Last Modified: 24 Sep 2025 04:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25384

Actions (login required)

View Item
View Item