Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Directed Reading Activity (DRA) Bagi Siswa Kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Hasan, Hasna (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Directed Reading Activity (DRA) Bagi Siswa Kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HASNA_HASAN_90425_890_2011.pdf] Text
final_B1_HASNA_HASAN_90425_890_2011.pdf

Download (228kB)

Abstract

Berdasarkan informasi dan hasil pengamatan bahwa pembelajaran menulis
puisi di kelas V sekolah dasar belum optimal. Salah satu faktornya adalah
penggunaan strategi mengajar kurang tepat, guru hanya memberikan contoh puisi
yang sudah jadi. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis
puisi dengan pendekatan Directed Reading Activity yang meliputi, perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, penilaian yang terdiri dari tahap prapenulisan,
penulisan, dan pascapenulisan.
Rancangan penelitian adalah tindakan kelas, yang meliputi studi
pendahuluan, perencanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Penelitian dilaksanakan dua siklus, dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti
dan observer. Sumber data penelitian ini adalah siswa yang terlibat dalam
pembelajaran menulis puisi dengan strategi DRA. Teknik pengumpulan data
adalah observasi. Analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data,
verifikasi, dan penyimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan strategi DRA dapat meningkatkan
kemampuan menulis puisi siswa di kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP.
Prapenulisan menyiapkan siswa awal pembelajaran untuk menciptakan kesiapan
siswa dalam mengikuti pelajaran penulisan puisi. Pada tahap penulisan dilakukan
berdasarkan objek yang dipilih siswa. Pada tahap pascapenulisan guru menugasi
siswa membacakan puisi ke depan kelas. Tahap penilaian guru melaksanakan
penilaian hasil dan proses. Peningkatan hasil menulis puisi tersebut dapat dilihat
dari perbandingan nilai siklus I dengan rata-rata 74 dan nilai siklus II meningkat
menjadi 81.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:41
Last Modified: 24 Sep 2025 04:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25380

Actions (login required)

View Item
View Item