Peningkatan Hasil Belajar Perbadingan dan Skala dengan Belajar Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas VI SDN 16 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Amna, Nailil (2011) Peningkatan Hasil Belajar Perbadingan dan Skala dengan Belajar Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas VI SDN 16 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NAILIL_AMNA_90286_2011.pdf] Text
final_B1_NAILIL_AMNA_90286_2011.pdf

Download (275kB)

Abstract

Pembelajaran Perbadingan dan Skala saat ini di Sekolah Dasar (SD)khususnya bagi siswa kelas VI SDN 16 Padang Besi Kecamatan Lubuk KilanganKota Padang masih mengalami kesulitan. Hal ini terlihat dari nilai harian yangrendah. Salah satu belajar kooperatif tipe STAD (Student Teams AchievementDivision) dirasa dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dalam pelaksanaanbelajar kooperatif tipe STAD banyak terdapat manfaat, baik bagi siswa yang cepatmemahami materi pelajaran maupun bagi siswa yang lambat memahami materipelajaran.Pada pelaksanaan belajar kooperatif tipe STAD ini, terdiri dari limalangkah yaitu penyajian kelas, kegiatan belajar kelompok, tes individu, penentuanpeningkatan skor individu, dan penghargaan kelompok. Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan hasil belajar perbandingan dan skala siswa kelas VI SDN 16Padang Besi Kota Padang yang dilaksanakan pada semerter II tahun ajaran2010/2011, dan yang menjadi subjek tertelitinya siswa kelas VI. Pendekatan yangdigunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian iniadalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 30 orang siswa sebagai berikut:(1) Tindakan siklus I pertemuan I, dengan materi perbandingan dan skala, hasilbelajar yang diperoleh siswa 67 % (2) Tindakan siklus I pertemuan II, denganmateri perbandingan dengan hasil belajar yang diperoleh 77 %. Secara umumpelaksanaan pada siklus I pertemuan II ini bila dibanding siklus I pertemuan Isudah lebih baik (3) Tindakan siklus II, tindakan ini dilakukan untuk menbuktikanapakah hasil belajar yang diperoleh siswa tetap meningkat, dengan materimentukan ukuran sebenarannya, menentukan ukuran pada gambar danmenentukan skala yang digunakan dalam suatu gambar dengan hasil belajar yangdiperoleh 97%. Dari hasil belajar tersebut terbuktilah bahwa penggunaan belajarkooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, BELAJAR KOOPERATIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:44
Last Modified: 24 Sep 2025 04:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25379

Actions (login required)

View Item
View Item