Nahdayeti, Nahdayeti (2011) Permainan Menyusun Huruf Sesuai dengan Kartu Kata Bergambar Sebagai Upaya Menumbuhkan Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-kanak Samudera Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NAHDAYETI_10107_2010.pdf [thumbnail of final_B1_NAHDAYETI_10107_2010.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NAHDAYETI_10107_2010.pdf
Download (206kB)
Abstract
Pendidikan yang diselenggarakan di Taman kanak-kanak bertujuan untukmembantu mengembangkan berbagai potensi yang ada dalam diri anak, salah satudiantaranya adalah dalam hal menumbuhkan kemampuan membaca awal. Fenomenayang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa untuk memasuki jenjang pendidikandasar, banyak sekolah-sekolah dasar (SD) mengajukan persyaratan masuk yangmengharuskan calon siswa dapat membaca dengan baik. Kondisi seperti inimenjadikan sekolah Taman Kanak-kanak menjadi tumpuan bagi para orang tua agaranaknya dapat memiliki kemampuan membaca awal sejak dini. Untuk itu dibutuhkansuatu strategi pembelajaran membaca awal kepada anak TK yang sesuai dengankarakteristik pembelajaran di TK yaitu bermain sambil belajar dan belajar serayabermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan menyusunhuruf sesuai dengan kartu kata bergambar dapat menumbuhkan kemampuan membacaawal anak di Taman Kanak-kanak Samudera Padang.Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yaitu ragam penelitianpembelajaran yang berkonteks kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dankualitatif. Subjek penelitian adalah siswa Taman Kanak-kanak Samudera Padangkelompok B berjumlah 16 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam duasiklus, dan masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan.Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa permainan menyusun huruf sesuai dengan kartu kata bergambardalam upaya menumbuhkan kemampuan membaca awal anak di Taman Kanak-kanakSamudera berada pada tingkat persentase 83%. Pencapaian ini menunjukkan bahwa83% siswa Taman Kanak-kanak Samudera Padang sudah tumbuh kemampuanmembaca awalnya pada kategori mampu. Temuan penelitian ini diharapkan dapatmenjadi acuan bagi guru, pimpinan sekolah atau lembaga yang berkepentingan untukdapat memanfaatkan media kartu kata bergambar sebagai salah satu alternatif untukmenumbuhkembangkan kemampuan membaca awal anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MENYUSUN HURUF, KEMAMPUAN MEMBACA ANAK, PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:28 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25369 |