Nafrizal, Nafrizal (2011) Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SD 36 Cengkeh Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NAFRIZAL_09839_528_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NAFRIZAL_09839_528_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NAFRIZAL_09839_528_2011.pdf
Download (94kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan tentang hasil belajar IPA di SD 36Cengkeh tahun pelajaran 2009/2010. Pembelajaran yang konvensional hanyamembuat siswa pasif mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru, ini terbuktihasil belajar siswa selalu di bawah standar ketuntasan. Hal ini dapat diatasimelalui penerapan metode eksperimen, karena siswa terlibat langsung dalamproses pembelajaran.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas V SD 36 Cengkeh Kecamatan Lubuk Begalung Padang.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa metode eksperimen dapatmeningkatkan hasil belajar siswa melalui tiga tahap tindakan, yaitu : 1) Tahapperencanaan, 2) Tahap pelaksanaan dan 3) Tahap akhir/tindak lanjut.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran denganpenerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklusI hasil yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 69,5 %, aspek afektif 71 %, aspekpsikomotor 69 %, oleh sebab itu penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklusII hasil yang diperoleh siswa adalah aspek kognitif 86,9%, aspek afektif 82%,aspek psikomotor 83 %, telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II.Dengan demikian berarti penelitian tindakan kelas melalui metodeeksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA sehingga dapat mencapaistandar ketuntasan minimal yang telah ditetapkan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR IPA, GURU SEKOLAH DASAR |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:17 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 04:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25362 |