Perbandingan Metode Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Pembelajaran Ceramah pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung.

Mulyadi, Udit (2011) Perbandingan Metode Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Pembelajaran Ceramah pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_UDIT_MULYADI_73769_2011.pdf] Text
final_B1_8_UDIT_MULYADI_73769_2011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) perbedaan hasil belajar
siswa antara kelas yang diterapkan model pembelajaran Jigsaw dibandingkan
dengan yang diterapkan metode ceramah pada mata pelajaran Ekonomi, (2)
perbedaan Tanggungjawab belajar siswa antara kelas yang diterapkan model
pembelajaran Jigsaw dibandingkan dengan yang diterapkan metode ceramah
pada mata pelajaran Ekonomi.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung yang terdaftar pada semester
dua, tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 201 orang. Teknik penarikan
sampel adalah Purpuse Sampling Methode dengan melihat rata-rata dari total
populasi. Kelas eksperimen berjumlah 33 orang dan kelas kontrol 33 orang.
Instrumen penelitian ini berupa tes dan angket. Teknik analisis data adalah
analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu: uji normalitas, uji homogenitas
varians, dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata skor variabel
tanggungjawab belajar kelas eksperimen 3,6 dengan tingkat capaian responden
sebesar 71.0 % yang tergolong ke dalam kategori sedang, dan nilai rata-rata skor
variabel kelas kontrol sebesar 3,4 dengan tingkat capaian responden sebesar 68,4
% yang tergolong dalam kategori sedang. Sebaiknya guru ekonomi Sekolah
Menengah Atas Negeri 2 Sijunjung terus memotivasi segala aktivitas belajar
siswa dalam proses pembelajaran agar memiliki tanggung jawab yang lebih.
Secara langsung akan mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, (1) Siswa yang diajarkan dengan
model Jigsaw lebih tinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan siswa yang
diajarkan dengan metode ceramah pada mata pelajaran Ekonomi (Z.= 3,220), (2)
Terdapat perbedaan tanggungjawab belajar siswa antara kelas yang diterapkan
model pembelajaran Jigsaw dibandingkan dengan yang diterapkan metode
ceramah pada mata pelajaran Ekonomi (Z= 2,151).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:16
Last Modified: 24 Sep 2025 04:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25350

Actions (login required)

View Item
View Item