Novia, Sheilly (2010) Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Statisik 1 melalui Penggunaan Ice Breaker Musik: Action Research Kelas Statistik 1 PSPE Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SHEILLY_NOVIA_73782_1650_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SHEILLY_NOVIA_73782_1650_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SHEILLY_NOVIA_73782_1650_2011.pdf
Download (465kB)
Abstract
Efektivitas pembelajaran dilihat dari aktivitas–aktivitas yang sesuai
dengan pengkajian yang dilihat dari motivasi belajar dan suasana belajar yang
demokratis yang dapat menyegarkan pikiran mahasiswa. Hal ini terlihat dari
permasalahan yang ada dalam perkuliahan Statistik 1 yang sarat dengan konsep
serta perhitungan rumus-rumus yang bisa menciptakan suasana belajar yang
tegang, munculnya kejenuhan dan rendahnya motivasi mahasiswa dalam belajar,
sehingga efektivitas pembelajaran menjadi kurang optimal. Selain karena materi
perkuliahan, hal ini juga disebabkan strategi pembelajaran yang kurang menarik
dan monoton, yang pada umumnya dosen menggunakan metode ceramah atau
diskusi saja.
Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas
dengan menerapkan strategi pembelajaran menyenangkan melalui taktik ice
breaker musik pada jeda strategis sebagai upaya meningkatkan efektivitas
pembelajaran Statistik 1. Prosedur yang dilakukan adalah dengan memberikan
istirahat sejenak yang disebut jeda strategis selama 3-5 menit setiap periode
waktu 40-50 menit pembelajaran. Pada saat jeda strategis ini berlangsung,
peneliti menyajikan sebuah musik yang dapat dinikmati oleh mahasiswa yang
mengambil perkuliahan Statistik 1.
Peneliti melihat peningkatan efektivitas pembelajaran melelui dua indikator
yang dijadikan sebagai panduan pengamatan yaitu pada aktivitas positif pada
indikator semangat belajar sebesar 61,56%, aktivitas negatif semangat belajar
sebesar 12,96%. Pada aktivitas positif Indikator suasana belajar menyenangkan
sebesar 66,24%, aktivitas negatif pada indikator suasana belajar menyenangkan
sebesar 21,25%. Dapat dilihat bahwa masing-masing indikator telah mencapai
capaian optimal besar dari 61% bagi aktivitas positif dan pada kecil dari 25% pada
aktivitas negatif. Sehingga peneliti dapat mengambil kesimpulan ice breaker
musik yang digunakan dalam perkuliahan dapat meningkatkan efektivitas
pembelajaran Statistik 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan
ice breaker musik dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Berdasarkan
hasil penelitian ini disarankan kepada para pendidik untuk dapat menggunakan ice
breaker musik dalam melaksanakan tugas pembelajaran demi meningkatkan
efektivitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 03:39 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 03:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25325 |