Primalia, Dian (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 24 Biaro Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DIAN_PRIMALIA_17129203_2593_2021.pdf [thumbnail of final_B1_6_DIAN_PRIMALIA_17129203_2593_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DIAN_PRIMALIA_17129203_2593_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pelaksanaan
pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru. Hal ini terlihat pada
pelaksanaan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, guru belum
menghadapkan peserta didik pada permasalahan nyata, dan belum maksimal
dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta didik untuk bekerja
dalam kelompok untuk memecahkan masalah, sehingga hasil belajar peserta didik
rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1
pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah adalah guru dan
peserta didik kelas IV SDN 24 Biaro Kabupaten Agam dengan jumlah peserta
didik 20 orang, yang terdiri dari 7 orang peserta didik laki-laki dan 13 orang
peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes
dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : 1) RPP siklus I
dengan rata-rata persentase 83,33% (baik) dan siklus II dengan rata-rata 94,44%
(sangat baik), 2) pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari aktivitas guru dimana
siklus I dengan rata-rata 82,14% (baik) dan siklus II dengan rata-rata 92,86%
(sangat baik), serta aktivitas peserta didik dimana siklus I dengan rata-rata 80,36%
(baik), dan siklus II dengan rata-rata 92,86 %. 3) Hasil belajar peserta didik pada
siklus I diperoleh rata-rata 74,75 (cukup), dan siklus II menjadi 85,79 (baik).
Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 24
Biaro Kabupaten Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:59 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25307 |