Rahmana, Dian (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 04 Lagan Gadang Hilir Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DIAN_RAHMANA_57057_1323_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_DIAN_RAHMANA_57057_1323_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DIAN_RAHMANA_57057_1323_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berasal dari kenyataan bahwa pembelajaran sering
didominasi oleh guru sebagai sumber informasi, berdasarkan pengamatan peneliti
ditemukan hasil belajar siswa dalam bidang studi IPS masih dibawah KKM yang
ditetapkan sekolah yaitu 70. Tujuan dalam penelitian ini peningkatan hasil belajar
siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SD
Negeri 04 Lagan Gadang Hilir Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang
terdiri dari dua siklus. Siklus satu dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus dua
dilaksanakan satu kali pertemuan dengan empat tahap yaitu tahap perencanaan,
tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. setiap akhir pertemuan
diadakan tes akhir untuk Melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan model
Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 04
Lagan Gadang Hilir Punggasan dan guru (peneliti), penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes, observasi. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan lembar
observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang digunakan
dalam pembelajaran IPS dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perencanaan siklus I
pertemuan I dengan nilai rata-rata 71, pertemuan II meningkat dengan nilai 85,
kemudian Siklus II dengan nilai. Pelaksanaan siklus I pertemuan I aspek guru
dengan nilai 78 dan siswa 75, pertemuan II aspek guru 89 dan siswa 85 dan siklus
II aspek guru dengan nilai 96 dan siswa 85. Hasil belajar pada siklus I pertemuan
I nilai kognitif 56,4, Afektif 65,7, Psikomotor 54,9. Siklus II dengan nilai Kognitif
64,4, Afektif 70,3 dan Psikomotor 76,3. Oleh sebab itu model Problem Based
Learning dapat digunakan dalam suatu referensi dalam pelaksanaan
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:58 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25305 |