Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Mind Mapping di Kelas IV SDN 20 Indarung Padang

Sabda, Dian (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Mind Mapping di Kelas IV SDN 20 Indarung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DIAN_SABDA_UTAMI_1200698_5911_2016.pdf] Text
final_B1_6_DIAN_SABDA_UTAMI_1200698_5911_2016.pdf

Download (695kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang diperoleh bahwa kemampuan menulis
karangan deskripsi siswa masih rendah. Siswa belum mampu menemukan dan
mengembangkan ide dalam menulis karangan deskripsi, kalimat yang digunakan
kurang runtut atau bolak b13waik dan ide yang digunakan masih kaku/sempit,
penyebabnya adalah guru kurang bervariasi dalam menggunakan model
pembelajaran dan belum menerapkan langkah-langkah dalam menulis karangan.
Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan
keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan mind mapping di
kelas IV SDN 20 Indarung Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek
penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV SDN 20 Indarung. Penelitian ini
terdiri dari siklus I dan siklus II. Prosedur penelitian terdiri dari: Studi
pendahuluan/refleksi awal, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap
pengamatan dan tahap refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik
observasi. Sumber data dari hasil observasi dan hasil belajar siswa.
Hasil yang dicapai dari 22 orang siswa selama pembelajaran pada siklus I
masih belum berhasil.. Nilai rata-rata kelas pada tahap prapenulisan yaitu 66,67
pada siklus II meningkat menjadi 73,48. Pada tahap penulisan yaitu 67,04
meningkat pada siklus II menjadi 73,86. Pada tahap pascapenulisan yaitu 73,46
meningkat pada siklus II menjadi 76,14. Sehingga secara keseluruhan pada siklus
I memperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 69,19 masih kualifikasi kurang dan
meningkat menjadi 74,49 dengan kualifikasi baik pada siklus II. Dengan demikian
mind mapping siswa dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan
deskripsi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:56
Last Modified: 24 Sep 2025 02:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25301

Actions (login required)

View Item
View Item