Fadhila, Nadia (2010) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 01 Benteng Pasar Atas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NADIA_FADHILA_83313_3656_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NADIA_FADHILA_83313_3656_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NADIA_FADHILA_83313_3656_2011.pdf
Download (194kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan peneliti di SD Negeri 01 Benteng PasarAtas, ditemukan fakta bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahamikonsep-konsep IPS. Hal ini disebabkan guru masih dominan menggunakanmetoda ceramah atau komunikasi satu arah dan meganggap pelajaran IPS adalahhafalan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalampembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran CooperativeLearning tipe Jigsaw. Model ini memberikan kesempatan bagi siswa untukberpikir dan berdiskusi dengan teman untuk menjadikan diri “ahli” sehinggamereka dapat menjelaskan materi yang mereka bahas dalam kelompok ahlikepada teman-temannya di kelompok kooperatif. Melihat hal tersebut maka dapatdirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan cooperativelearning tipe jigsaw meningkatkan pembelajaran IPS di kelas IV SDN 01 BentengPasar Atas.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitianyaitu penelitian tidakan kelas untuk melihat penerapan cooperative learningmodel Jigsaw pada pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak duasiklus. Siklus I sebanyak dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuandengan alokasi waktu 105 menit dengan empat tahap kegiatan yaitu tahapperencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalampenelitian ini menggunkan teknik observasi, pencatatan lapangan, wawancara danevaluasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif dankualitatif yang dikemukakan oleh Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksidata, peyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil belajar siswa mengalamipeningkatan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.Nilai rata-rata siswa pada skor dasar 69 meningkat pada siklus I dengan nilai ratarata 85. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 94. Kesimpulandari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran cooperativelearning tipe Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Benteng Pasar Atas. Sehinggadisarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran ini untukmeningkatkan hasil belajar dan meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:56 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25300 |