Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dan Penerapan Disiplin Sekolah Dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Payakumbuh

Mulia, Renti Gusti (2011) Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dan Penerapan Disiplin Sekolah Dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Payakumbuh. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RENTI_GUSTI_MULIA_79111_2727_2011.pdf] Text
final_B1_RENTI_GUSTI_MULIA_79111_2727_2011.pdf

Download (228kB)

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar salah satunya adalah motivasi belajar siswa dan disiplin sekolah. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dari aspek psikologis seperti intelegensi, perhatian, minat, motivasi, bakat dan kematanagn serta kesiapan belajar dan dari aspek lingkungan sekolah dan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah disiplin sekolah. Kenyataan yang ditemui di lapangan, bahwa siswa masih menunjukkan motivasi belajar yang kurang baik seperti suka keluar masuk dalam belajar, mencontoh tugas teman, jarang bertanya kepada guru mata pelajaran yang kurang dimengerti, dan tertidur saat jam pelajaran berlangsung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan motivasi belajar siswa, penerapan disiplin sekolah oleh siswa, dan hasil belajar. Serta untuk melihat hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar dan penerapan disiplin sekolah dengan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 3 Payakumbuh. Teknik pengambilan sampel adalah proportional stratified random sampling, dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas X, XI dan XII yang berjumlah 92 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan himpunan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah tekhnik statistik persentase, analisis Korelasi dan Regresi, dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution for windows release 15.00. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) siswa SMA Negeri 3 Payakumbuh telah memiliki motivasi belajar yang yang cukup baik, (2) siswa sudah menerapkan disiplin sekolah dengan cukup baik, (3) siswa sudah memperoleh hasil belajar yang cukup baik. (4) hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Payakumbuh adalah berkorelasi signifikan dan interpretasinya rendah, (5) hubungan antara penerapan disiplin sekolah oleh siswa dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Payakumbuh berkorelasi signifikan dengan interpretasinya rendah. Dengan demikian disarankan agar motivasi belajar siswa dan penerapan disiplin sekolah oleh siswa SMA Negeri 3 Payakumbuh lebih ditingkatkan melalui pembinaan guna menumbuh kembangkan motivasi belajar dan kesadaran penerapan disiplin sekolah oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hubungan motivasi dan hasil belajar,Hubungan disiplin dan hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:20
Last Modified: 24 Sep 2025 02:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25277

Actions (login required)

View Item
View Item