Dwi H, Mia (2016) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 6 Padang Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_Mia_Dwi_Harnela_1206527_5213_2016.pdf [thumbnail of B1_05_Mia_Dwi_Harnela_1206527_5213_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_Mia_Dwi_Harnela_1206527_5213_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan seberapa besar
pengaruh penggunaan media pembelajaran Prezi terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi kelas X
semester genap SMK Negeri 6 Padang Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Kelas eksperimen adalah
X BU 2 menggunakan media pembelajaran Prezi dan kelas kontrol adalah X TKK
menggunakan media pembelajaran Power Point. Desain penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah Pretes-Posttest Control Group Design.
Teknik pengumpulan data dari rata-rata nilai post-test tiap pertemuan, kemudian
dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 77,81,
sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 66,09. Hasil perhitungan
hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (6,30 > 1,676),
karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Prezi
lebih baik dibandingkan dengan media pembelajaran Power Point.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Prezi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:16 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25262 |