Dwi H, Mia (2016) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 6 Padang Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_Mia_Dwi_Harnela_1206527_5213_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan seberapa besar
pengaruh penggunaan media pembelajaran Prezi terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi kelas X
semester genap SMK Negeri 6 Padang Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Kelas eksperimen adalah
X BU 2 menggunakan media pembelajaran Prezi dan kelas kontrol adalah X TKK
menggunakan media pembelajaran Power Point. Desain penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah Pretes-Posttest Control Group Design.
Teknik pengumpulan data dari rata-rata nilai post-test tiap pertemuan, kemudian
dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 77,81,
sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 66,09. Hasil perhitungan
hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (6,30 > 1,676),
karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Prezi
lebih baik dibandingkan dengan media pembelajaran Power Point.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Prezi |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:16 |
| Last Modified: | 24 Sep 2025 02:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25262 |
