Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Dadu Huruf di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kubang Lubuk Basung

Yunita, Reni (2011) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Dadu Huruf di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kubang Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RENI_YUNITA_10073_71_2011.pdf] Text
final_B1_RENI_YUNITA_10073_71_2011.pdf

Download (203kB)

Abstract

Perkembangan bahasa anak sangat penting untuk dilatih agar anak dapat menguasai kata, pamahaman dengan mendengar atau menyimak, serta berkomunikasi yang juga erat kaitannya dengan perkembangan pikiran anak nantinya akan tertuang melalui kata-kata yang akan diucapkan oleh anak jika bersosialisasi dengan lingkungannya. Penelitian ini menggambarkan penggunaan dadu huruf dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak, sehingga dapat dirumuskan pemasalahan dalam peneltian ini adalah media dan alat peraga kurang bervariasi serta anak merasa tertekan dalam kegiatan pembelajaran sehingga mereka cepat bosan dan kurangnya rasa ingin tahu anak dalam pembelajaran bahasa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian murid TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kubang Lubuk Basung Kabupaten Agam dengan jumlah murid 20 orang Tahun Ajaran 2010/2011, Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam II siklus. Kemampuan berbahasa anak pada siklus I umumnya rendah, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal, indikator yang belum tercapai adalah Membedakan dan menirukan kembali bunyi/suara tertentu, membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama dan suku kata akhir yang sama, melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar, menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya. Berdasarkan hasil analisa, maka rencana pada siklus II direvisi kembali, dan pada siklus II kemampuan berbahasa anak terjadi peningkatan. Pada siklus I persentase nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 6,25% dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan persentase rata-rata 82,5%. Hasil persentase nilai anak menunjukkan bahwa Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah tercapai sudah melebihi 75%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa anak melalui permainan dadu huruf di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kubang Lubuk Basung meningkat, dan permainan dadu huruf dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Anak Usia Dini usia 6 – 7 tahun.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan kemampuan berbahasa,Perkembangan bahasa anak,Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LT Textbooks
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:16
Last Modified: 24 Sep 2025 02:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25255

Actions (login required)

View Item
View Item