Rusdan, Reni (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Bernyanyi Melalui Strategi Cooperative Learning di Kelas IX.3 SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RENI_RUSDAN_52737_2567_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RENI_RUSDAN_52737_2567_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RENI_RUSDAN_52737_2567_2011.pdf
Download (286kB)
Abstract
enelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ), dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Learning dengan instrumen pokok adalah peneliti sendiri. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembaran observasi dan tes hasil belajar. Lembaran observasi digunakan untuk mengetahui kreatifitas siswa dalam kerja kelompok, sedangkan hasil tes belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar seni budaya siswa setelah selesai pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Dan setiap pertemuan terakhir pada tiap siklus diadakan penilaian. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata strategi pembelajaran Cooperative Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar bernyanyi siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa dari siklus I ke siklus II. Yaitu sebelum siklus I nilai rata- rata kelas nya 65,6, kemudian di siklus I berubah menjadi 75, 7. Dimana dari 31 orang siswa, yang belum tuntas sebanyak 10 orang atau 32,3 %. Sedangkan pada siklus II nilai rata- rata kelas meningkat menjadi 80,5 % dengan ketuntasan perorangan mencapai 100 %.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru SMP N.1 Lubuk Sikaping |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:49 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 08:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25248 |