Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Mandiri dan Metode Pembelajaran Kelompok di SMAN Sijunjung

Kurnia, Reni (2010) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Mandiri dan Metode Pembelajaran Kelompok di SMAN Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RENI_KURNIA_65119_1943-2011.pdf] Text
final_B1_RENI_KURNIA_65119_1943-2011.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang belajar dengan metode pembelajaran mandiri dengan model pembelajaran kelompok pada siswa kelas X SMAN 4 dan 9 Sijujunjung. Penelitian ini dilaksanakan pada pelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN 4 dan 9 Sijunjung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 4 dan 9 Sijunjung. Kelas sampel dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbanganpertimbangan tertentu, sehingga diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas X2 SMAN 4 Sijunjung sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 SMAN 9 Sijunjung sebagai kelas control. Data diperoleh dari hasil posttest yang diberikan di akhir penelitian. Sebelum tes diberikan terlebih diberikan terlebih dahulu soal tes di uji cobakan, kemudian hasil uji coba di analisis valisitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal tersebut. Selanjutnya untuk menguji perbedaan rata-rata hasil belajar kedua sampel digunakan uji Z dengan α=0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 76,47 dengan standar deviasi 7,53. Sedangkan untuk kelas control nilai rata-rata posttest diperoleh dengan rata-rata 65,40 dan standar deviasi 6,28. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Zhit 3,4544 dan Ztab 1,96 berarti Zhit ≥ Ztab sehingga hipotesis alternative (Ha) dapat diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan atau nyata hasil belajar ekonomi siswa menggunakan Strategi Pembelajaran Mandiri dengan model pembelajaran kelompok. Dalam hal ini perbedaan tersebut diyakini sebagai pengaruh yang diberikan pada kelas eksperimen (X ) berupa proses pembelajaran dengan model pembelajaran aktif metode Pembelajaran Mandiri. Akhirnya, untuk dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa, disarankan kepada guru dapat mempertimbangkan untuk menggunakan model pembelajaran aktif metode Pembelajaran Mandiri dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Siswa kelas X SMAN 4 dan 9 Sijunjung,Kelas eksperimen dan kontrol
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:24
Last Modified: 23 Sep 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25231

Actions (login required)

View Item
View Item