Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Membuat Mind Map di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang

Putri, Dian Sefni Elsyah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Membuat Mind Map di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DIAN_SEFNI_ELSYAH_PUTRI_56880_4506_2012.pdf] Text
final_B1_6_DIAN_SEFNI_ELSYAH_PUTRI_56880_4506_2012.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS yang selama ini
masih berpusat kepada guru. Guru masih menggunakan cara konvensional, lebih
banyak memberikan penjelasan sehingga siswa menjadi jenuh, dan kurang
berusaha membangun ilmu yang sudah ada pada siswa dan mengaitkannya dengan
materi yang akan dibahas, sehingga siswa kurang mampu dalam mengeluarkan
ide-idenya. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS
yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan
membuat mind map yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) hasil
belajar.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data yang
muncul berwujud kata-kata dan pendekatan kuantitatif yang berupa angka-angka
nilai siswa. Permasalahan di atas dapat diatasi dengan membuat mind map. Dalam
proses pembelajaran siswa membangun kembali pengetahuan awalnya sehingga
hasil pembelajaran dapat ditingkatkan.
Hasil penelitian ini dapat dilihat dari (1) rencana pembelajaran siklus I
70%, menjadi 82% pada siklus II, (2) aspek pelaksanaan yaitu aspek guru siklus I
75%, menjadi 92,8% pada siklus II, sedangkan pada aspek siswa siklus I 70%
menjadi 89,2% pada siklus II. (3) Persentase hasil belajar siswa dari aspek
kognitif siklus I 54% menjadi 80,7% pada siklus II, aspek afektif siklus I 60%
menjadi 84,6% pada siklus II dan aspek psikomotor siklus I 52% menjadi 84,6%
pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pembelajaran IPS
dengan membuat mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV
SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:23
Last Modified: 23 Sep 2025 08:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25218

Actions (login required)

View Item
View Item