Harvirani, Harvirani (2009) Pengaruh Sistem Reward Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Studi Empiris pada Perusahaan Jasa Perhotelan di Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HARVIRANI 61058-04-09.pdf [thumbnail of final_B1_HARVIRANI 61058-04-09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HARVIRANI 61058-04-09.pdf
Download (208kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberian bukti empiris
tentang: 1) Pengaruh sistem reward terhadap kinerja manajerial, 2) Pengaruh
sistem reward terhadap mtotivasi, 3) Pengaruh motivasi terhadap kinerja
manajerial, 4) Pengaruh sistem reward terhadap kinerja manajerial melalui
motivasi. Untuk itu dilakukan penelitian pada perusahaan jasa perhotelan berskala
besar dan menengah di Sumatera Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif. Populasi adalah perusahaan
jasa perhotelan yang berjumlah 28 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel
convenience sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Metode
pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan
kepada manajer keuangan, manajer pemasaran, manajer operasional dan manajer
SDM. Analisis data yang digunakan analisis jalur (Path Analysis).
Temuan penelitian ini menunjukkan sistem reward berpengaruh signifikan
dan positif terhadap kinerja manajerial melalui motivasi. Sistem reward
berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja manajerial dengan tingkat
signifikansi sebesar 0,001<0,005 (H1 diterima), 2) Sistem reward berpengaruh
terhadap motivasi dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,005, Nilai
koefisien regresi variabel sistem reward 0,969 (H2 diterima), 3) Motivasi
berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja manajerial dengan tingkat
signifikan 0,001<0,005 dengan tingkat nilai koefisien regresi variabel motivasi
sebesar 0,572 (H3 diterima, 4) Sistem reward berpengaruh langsung terhadap
kinerja manajerial melalui motivasi dengan tingkat signifikan positif sebesar
0,5542.
Saran dalam penelitian ini antara lain: 1) Melaksanakan sistem reward
sehingga dapat meningkatkan kinerja manajerial. 2) Untuk meningkatkan kinerja
manajerial, perusahaan perlu memperhatikan reward yang diberikan kepada
manajer sehinggga manajer merasa puas dengan reward yang diterimanya. 3)
untuk penelitian berikutnya dapat memperluas variabel penelitian dengan
menambah variabel lain seperti pengendalian personal, managership dan
leadership. Selain itu objek penelitian juga dapat dibedakan dengan melakukan
penelitian pada perusahaan jasa selain perhotelan ataupun pada perusahaan
manufakturdi Sumatera Barat sebagai sampel.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:21 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 08:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25206 |