Jefni, Mutiara (2012) Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Strategi Learning Tournament yang diberi Reward dan Tanpa Reward dalam Materi Hidrokarbon Kelas X SMAN 3 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MUTIARA JEFNI_02029.pdf [thumbnail of final_B1_MUTIARA JEFNI_02029.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MUTIARA JEFNI_02029.pdf
Download (786kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar kimia siswa dapat disebabkan oleh berbagaifaktor, diantaranya karena kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Untuk itudiperlukan suatu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa.Salah satu strategi pembelajaran yang dapat menciptakan kondisi itu adalahstrategi Learning Tournament yang diberi reward. Strategi Learning Tournamentyang diberi reward ini menuntut siswa untuk berpartisipasi dalam prosespembelajaran dan dapat menyelesaikan soal yang berhubungan dengan materiyang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswadalam materi hidrokarbon. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimendengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X yang terdaftar pada semester IItahun ajaran 2011/2012 SMAN 3 Solok. Sampel penelitian diambil dari anggotapopulasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling diperolehkelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol.Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian. Dari hasilpenelitian diperoleh bahwa kelas yang menggunakan strategi LearningTournament yang diberi reward memiliki nilai rata-rata 71,59 yang lebih tinggijika dibandingkan dengan kelas yang menggunakan strategi Learning Tournamenttanpa reward 66,89. Hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa nilaites akhir terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen maka ujihipotesis yang digunakan adalah uji t. Setelah dilakukan uji-t pada tarafkepercayaan 95% didapatkan thitung = 1,865 dan ttabel = 1,68 sehingga disimpulkanbahwa hasil belajar siswa dengan strategi Learning Tournament yang diberireward lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan strategi LearningTournament tanpa reward di kelas X SMAN 3 Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, STRATEGI LEARNING, HIDROKARBON |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:21 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 08:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25203 |