Kahanna, Mutia (2011) Pengaruh Penerapan Model Konsiderasi terhadap Pembentukan Sikap Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MUTIA_KAHANNA_73832_3396_2011.pdf
Download (4MB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS SMA Adabiah Padangdapat diketahui bahwa siswa belum mampu untuk menunjukkan beberapa sikapyang harus timbul dalam mempelajari masyarakat multikultural, yaitu sikaptoleransi dan nondiskriminasi terhadap masyarakat lain yang memiliki etnis danagama yang berbeda, yang mana hal ini dapat dilihat ketika mereka mengeluarkanpendapat mengenai konflik yang terjadi di Poso. Para siswa masih membedakanperlakuan kepada agama lain yang berbeda dengan agama yang mereka anut,mereka semata-mata hanya menyalahkan warga non muslim saja. Untukmengatasi masalah itu banyak model pembelajaran yang dapat dipilih oleh gurudiantaranya adalah model konsiderasi. Model ini dikembangkan pertama kali olehMc. Paul yang yang pada dasarnya menekankan pada pembentukan sikap pesertadidik. Untuk itu peneliti melakukan eksperimen dengan model konsiderasi.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan modelkonsiderasi terhadap pembentukan sikap siswa dalam pembelajaran sosiologi dikelas XI IPS SMA Adabiah Padang.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimendengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Adabiah Padang. Sampel yang terpilihsebagai kelas eksperimen adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 39 orangdan sebagai kelas kontrol adalah XI IPS 5 yang berjumlah 40 orang. Instrumenpenelitian adalah berupa angket untuk memperoleh data mengenai sikap siswaterhadap mata pelajaran sosiologi dengan menggunakan model konsiderasi,selanjutnya hasil data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t.Berdasarkan deskripsi dan analisis data yang telah dilakukan, dapatdisimpulkan bahwa rata-rata skor sikap siswa dalam pembelajaran sosiologi kelaseksperimen adalah 50,74, sedangkan rata-rata skor sikap siswa dalampembelajaran sosiologi kelas kontrol adalah 43,85, pengolahan data tes dilakukandengan menggunakan uji t. Setelah dianalisis diperoleh t hitung = 2,88 dengan tarafnyata α = 0,05 dan df = 77, sedangkan t tabel = 2,00 karena t hitung > t tabel makahipotesis nol (H0) ditolak. Oleh karena itu, berdasarkan data di atas dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran dengan model konsiderasi berpengaruh terhadapsikap siswa dalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS SMA Adabiah Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MODEL KONSIDENSI, SIKAP SISWA, PEMBELAJARAN SOSIOLOGI |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:21 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 08:21 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25200 |
