Anggraini, Lola (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Pembagian Bilangan Cacah Dengan Pendekatan Realistik Mathematics Education di Kelas II SD Negeri No. 29 Penggalangan Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LOLA_ANGGRAINI_09704_3487_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LOLA_ANGGRAINI_09704_3487_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LOLA_ANGGRAINI_09704_3487_2011.pdf
Download (246kB)
Abstract
Pembelajaran pembagian bilangan cacah pada siswa kelas II SD 29 Penggalangan Padang guru kurang mengaitkan pembelajaran pembagian bilangan cacah dengan kehidupan dalam kegiatan sehari-hari siswa dan kurang mengkonkretkan sehingga siswa menganggap pembagian bilangan cacah sulit. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya pembelajaran pembagian bilangan cacah melalui pendekatan Realistik Mathematics Education. Pada Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) digunakan langkah-langkah Realistik Mathematics Education yang terdiri dari 4 tahap yaitu 1) tahap pendahuluan 2) tahap pengembangan model simbolik 3) tahap penjelasan dan alasan 4) tahap penutup. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pembagian bilangan cacah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data penelitia ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran pembagian bilangan cacah melalui pendekatan Realistik Mathematics Education di kelas II SD 29 Penggalangan kota padang. Subjek peneliti terdiri dari siswa kelas II SD 29 Penggalangan yang berjumlah 21 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Hasil belajar pembagian bilangan cacah dengan pendekatan Realistik Mathematics Education pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 54, 28 dan pada siklus II rata-rata 77,61 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pembagian bilangan cacah dengan menggunakan pendekatan Realistik Mathematics Education dapat meningkatkan hasil belajar pembagian bilangan cacah di kelas II.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ASIL BELAJAR PEMBAGIAN BILANGAN CACAH, ASIL BELAJAR PEMBAGIAN BILANGAN CACAH |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:54 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25193 |