Pengaruh Penerapan Good Governance dan Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik .

Miswar, Jani (2011) Pengaruh Penerapan Good Governance dan Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik . Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JANI_MISWAR_77775_5163_2011.pdf] Text
final_B1_JANI_MISWAR_77775_5163_2011.pdf

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Pengaruh penerapan good governance terhadap kualitas pelayanan publik 2) Pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik pada SKPD Kota Padang. Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian yang bersifat kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah aparat dan masyarakat yang berjumlah 168 orang responden. Data dikumpulkan dengan menyebarkan langsung kuesioner kepada responden yang bersangkutan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dan penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara judgement sampling. Kesimpulan penelitian menunjukkan: 1) Penerapan good governance berpengaruh signifikan positif terhadap kualitas pelayanan publik dengan t > t tabel yaitu 2,085 > 1,6686 (sig 0,041< α 0,05), berarti H diterima 2) Budaya organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap kualitas pelayanan publik dengan t hitung > t tabel i 1 yaitu 3,279 > 1,6686 (sig 0,002 < α 0,05), berarti H diterima. Saran dalam penelitian ini adalah: 1) Bagi instansi pemerintah sebaiknya melakukan pengkajian ulang mengenai prinsip-prinsip good governance dan budaya organisasi dalam pelayanan publik agar kualitas pelayanan publik dari pemerintah dapat terus ditingkatkan. 2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menemukan variabel-variabel lain yang berpengaruh kuat terhadap kualitas pelayanan publik, dapat disertai dengan penelitian kualitatif dan pergantian sampel penelitian, serta dilakukan perubahan dalam pemilihan alternatif jawaban pada kuesioner penelitian. 3) Pemerintah harus lebih maksimal dalam menerapkan good governance dan budaya organisasi yang kuat agar dapat menghasilkan kualitas pelayanan yang lebih baik, sehingga tidak ada lagi perbedaan antara kenyataan dan harapan masyarakat untuk memperoleh pelayanan dari pemerintah. 4) Aparat harus lebih maksimal dalam memberikan penyelesaian secara tepat kepada masyarakat, agar tidak adanya keluhan dari masyarakat mengenai pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penerapan Good Governance, Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:18
Last Modified: 23 Sep 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25191

Actions (login required)

View Item
View Item