Hartati, Hartati (2011) Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 06 Pulai Anak Air Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HARTATI_88157_2679_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HARTATI_88157_2679_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HARTATI_88157_2679_2011.pdf
Download (200kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 06 Pulai Anak Air Kecamatan
Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi terlihat bahwa penggunaan media gambar
dalam pembelajaran IPS jarang digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran.
sehingga menimbulkan rasa jenuh dan pasifnya siswa dalam pembelajaran IPS. Terlihat
bahwa dalam proses pembelajaran IPS masih berpusat pada guru dan tanpa media
sehingga banyak siswa yang menganggap pelajaran IPS sesuatu yang membosankan,
monoton, tidak menyenangkan karena terlalu banyak hafalan dalam pembelajaran IPS.
Jadi guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat
menumbuhkan minat belajar siswa yaitu dengan menggunakan media gambar. Media
gambar adalah suatu media pendidikan yang dapat menginformasikan pembelajaran
secara komunikatif, yang bisa mengatasai ruang dan waktu dan berisi pesan yang
disampaikan dalam pembelajaran melalui gambar dengan tujuan menarik perhatian dan
minat siswa
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran
2010/2011 di SDN 06 Pulai Anak Air Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota
Bukittinggi, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 06 Pulai Anak Air
Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi dengan jumlah siswa 33 orang.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua
kali pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan melaluli 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2)
pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Pembelajaran media gambar memiliki
langkah-langkah yaitu 1) menyiapkan alat dan bahan yang digunakan, 2)
menyampaikan tujuan pembelajaran, 3) memberikan pengantar, 4) memperagakan
gambar, 5) meminta pendapat siswa, 6) menjelaskan materi, 7) mengajukan pertanyaan,
8) menyimpulkan materi pelajaran, 9) memberikan evaluasi.
Penelitian dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 6,5 dan pada siklus II
adalah 8,5. Disini terlihat bahwa hasil tes akhir setiap tindakan selalu meningkat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan media gambar dapat
meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 06 Pulai Anak Air Kecamatan
Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:28 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25186 |