Ali, Harsastra (2011) Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Lempar Gelang Tebak Huruf di Taman Kanak-Kanak Kasih Ibu Belimbing Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HARSASTRA_ALI_07799_208_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HARSASTRA_ALI_07799_208_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HARSASTRA_ALI_07799_208_2011.pdf
Download (161kB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di
TK Kasih Ibu Belimbing Kuranji Padang, dalam kenyataan yang peneliti lihat
bahwa kemampuan bahasa anak masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru
mengajarkan dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak dengan metode
yang tidak bervariasi seperti bercerita dan bernyanyi yang sering membuat anak
jenuh, selain itu keterbatasan alat permainan edukatif yang dapat digunakan untuk
pengembangan kemampuan bahasa di TK Kasih Ibu masih kurang. Salah satu
upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam
pembelajaran anak usia dini adalah dengan menggunakan permainan Lempar
Gelang Tebak Huruf dalam pembelajaran pengembangan bahasa. Rumusan
masalah penelitian ini adalah apakah permainan lempar gelang tebak huruf dapat
dipakai untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak di TK Kasih Ibu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan kemampuan
bahasa dengan menggunakan permainan lempar gelang tebak huruf dapat
meningkatkan kemampuan bahasa pada anak Kelompok B1 di TK Kasih Ibu.
Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Kasih Ibu tahun
pelajaran 2010/2011 sebanyak 10 orang yang terdiri dari 4 orang anak laki-laki
dan 6 orang anak perempuan. Data tentang kemampuan bahasa anak dalam
pembelajaran diperoleh dari lembar observasi yang dianalisis dengan teknik
persentase.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuan bahasa
anak dalam proses pembelajaran anak kategori mampu sebelum tindakan adalah
20 %, pada siklus I 40% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Hal
ini menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak mengalami peningkatan dari
sebelum dilakukan tindakan sampai dilakukan siklus II. Jadi, dapat disimpulkan
bahwa penggunaan permainan lempar gelang tebak huruf dalam pembelajaran
dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:11 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25175 |