Pebriyanti, Liza (2008) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 22 Andalas Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LIZA PEBRIYANTI 81512-08.pdf [thumbnail of final_B1_LIZA PEBRIYANTI 81512-08.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LIZA PEBRIYANTI 81512-08.pdf
Download (90kB)
Abstract
Pembelajaran membaca pemahaman di sekolah dasar bertujuan agar siswa memiliki kegemaran dan keterampilan membaca untuk meningkatkan pengetahuan dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan informasi dan pengamatan awal bahwa pembelajaran membaca pemahaman yang dilaksanakan di kelas V sekolah dasar terteliti belum optimal. Salah satu faktornya adalah penggunaan pendekatan yang kurang tepat, guru kurang menguasi metode mengajar yang digunakan. Penggunaan Pendekatan kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran membaca pemahaman merupakan salah satu alternatif untuk pemecahan masalah pembelajaran membaca pemahaman di sekolah dasar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan mengembangkan penggunaan pendekatan kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran membaca pemahaman yang meliputi perencanaan, pelaksanaan yang terdiri dari tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Serta evaluasi pembelajaran Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi (1) studi pendahuluan, penyusunan rencana tindakan, (2) kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap pelaksanaan tindakan, pengamatan dan tahap refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Peneliti bertindak sebagai penyaji/praktisi dalam proses pembelajaran, sedangkan sebagai pengamat adalah guru kelas V SDN. 22 Andalas Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran membaca pemahaman, efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang diperoleh dari sikus I yaitu rata-rata nilai siswa 71,8 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 86,0. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan Pendekatan kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 22 Andalas Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEMBACA PEMAHAMAN, PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:15 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25145 |