Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Penggunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) di Kelas IV SD Negeri 02 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Vinola, Diana (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Penggunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) di Kelas IV SD Negeri 02 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DIANA_VINOLA _01373_1326_2013.pdf] Text
final_B1_6_DIANA_VINOLA _01373_1326_2013.pdf

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang cenderung
sumber informasi hanya berasal dari guru serta guru belum menghubungkan
materi yang diajarkan dengan masalah yang berkembang di masyarakat sehingga
kurang melibatkan pemikiran siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan penggunaan pendekatan Sains
Teknologi Masyarakat (STM) di kelas IV SD Negeri 02 Indarung Kecamatan
Lubuk Kilangan Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran IPS
dengan penggunaan pendekatan STM di kelas IV SD Negeri 02 Indarung. Subjek
penelitian adalah peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Indarung
berjumlah 41 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I dilakukan
dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP siklus I adalah
71,43%, pada siklus II meningkat menjadi 89,29%, (b) Pelaksanaan pembelajaran
dari aspek guru, pada siklus I 73,81% meningkat menjadi 89,29% pada siklus II,
dan pada aspek siswa siklus I 72,62% meningkat pada siklus II menjadi 86,90%,
(c) Hasil belajar siswa pada siklus I 72,05 meningkat menjadi 82,41, dengan
kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan pembelajaran IPS
dengan penggunaan pendekatan STM dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas IV.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:15
Last Modified: 23 Sep 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25142

Actions (login required)

View Item
View Item