Syahrir, Didi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 15 Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DIDI_SYAHRIR_572O8_1357_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_DIDI_SYAHRIR_572O8_1357_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DIDI_SYAHRIR_572O8_1357_2013.pdf
Download (402kB)
Abstract
Guru sering kali mengajarkan pelajaran dengan mengunakan metode
ceramah, tanya jawab sehingga siswa merasa bosan dalam pembelajaran. Dalam
proses pembelajaran guru yang bersifat aktif sedangkan siswa pasif, karena belajar
siswa lebih banyak bersifat individual akhirnya nilai siswa banyak dibawah KKM.
Untuk menghindari kejadian seperti itu guru lebih kreatif untuk memilih
model pembelajaran yang cocok, salah satunya adalah penggunaan Model
Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) . Dalam pembelajaran model kooperatif
ini siswa belajar dengan berkelompok. Disini guru memberikan materi dan
kompetensi yang dicapai. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif yaitu mengamati fenomena yang
terjadi di lapangan yang menghasilkan data deskriptif serta prilaku yang diamati
dari guru dan siswa. Analisis kuantitatif adalah mengolah data hasil belajar IPS
siswa dan lembar tindakan guru dan siswa secara statistik yang menghasilkan
data berupa angka-angka. Dalam menganalisis data, peneliti bekerjasama dengan
guru kelas IV.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui
bahwa hasil perencanaan siklus I pertemuan I adalah 68 %, peretemuan II naik
menjadi 82% dan pada siklus II pertemuan I menjadi 89%. Adapun hasil aktivitas
guru dan siswa pada siklus I pertemuan I adalah 69%, pertemuan II naik menjadi
81 % dan siklus II pertemuan I menjadi 93%. Hasil belajar IPS kelas IV SDN 15
Kecamatan Patamuan dapat meningkat dengan menggunakan Model Kooperatif
Tipe Think Pair Share (TPS). Hasil rata-rata penilaian dari ketiga aspek penilaian
yaitu kognitif, afektif dan psikomotor adalah sebagai berikut: Siklus I adalah rata
rata 62,81 ketuntasan 37 %. Pada siklus II hasil pembelajaran IPS adalah rata-rata
76,87. Meningkat 100%. Jadi dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Think
Pair Share (TPS) hasil belajar IPS siswa dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:11 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25126 |