Susanti, Refni (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Discovery di Kelas IV SD Negeri 03 Durian Tinggi Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_REFNI_SUSANTI_93827_2011.pdf [thumbnail of final_B1_REFNI_SUSANTI_93827_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_REFNI_SUSANTI_93827_2011.pdf
Download (424kB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan dengan guru kelas IV SD Negeri 03 Durian Tinggi pada tanggal 25 Januari 2011 ditemui permasalahan, selama ini guru belum menggunakan pendekatan discovery dalam pembelajaran, guru lebih mendominasi pembelajaran tanpa mengikut sertakan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hal ini sangat berdampak sekali bagi siswa, siswa merasa pembelajaran IPS kurang bermakna, siswa terlihat pasif, tanpa melibatkan proses berfikirnya secara kritis untuk menemukan sendiri suatu konsep dalam pembelajaran dan siswa kurang percaya diri dalam menyampaikan idenya untuk memecahkan suatu permasalahan dalam pembelajaran, yang berakibat rendahnya hasil belajar IPS siswa. Untuk itu, diadakanlah suatu penelitian tindakan kelas, tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri 03 Durian Tinggi, dengan penggunaan pendekatan Discovery. Pendekatan Discovery adalah pendekatan pembelajaran yang memerlukan proses mental dan menganggap siswa sebagai suatu individu yang bisa berkembang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, guru hanya sebagai fasilisator, membimbing siswa untuk menemukan suatu konsep pembelajaran secara langsung, yang bisa digunakan dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi pembelajaran dan mengaplikasikannya dalam kehidupan. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 03 Durian Tinggi, dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis (PTK), Penelitian dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Langkah-langkah pembelajaran discovery adalah: 1) orientasi, 2) merumuskan masalah, 3) merumuskan hipotesis, 4) menguji hipotesis, 5) menganalisis dan menyajikan data dalam bentuk laporan atau kesimpulan dan, 6) mengaplikasikan kesimpulan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS, dengan menggunakan pendekatan Discovery, hal ini dapat dilihat, baik dari kemampuan guru dalam merancang pembelajaran dari 81% mencapai tingkat peningkatan 97%, aktivitas guru dari 71% mengalami peningkatan 96%, aktivitas siswa dari 50% mengalami peningkatan menjadi 92%. Dan dari ketuntasan hasil belajar siswa sebelum menggunakan pendekatan Discovery adalah 40%, setelah diadakan tindakan siklus I pertemuan I terjadi peningkatan yaitu 50%, dan pada siklus I pertemuan II masih terjadi peningkatan yaitu 65% dan pada Siklus II pertemuan I adalah 75% dan terakhir pada siklus II pertemuan II menunjukkan hasil yang lebih baik lagi yaitu 85%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Discovery,Pembelajaran IPS,Hasil belajar siswa,Kelas IV SD |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:07 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25113 |