Yulita, Metri (2017) Hubungan Kepercayaan Diri Siswa dengan Perencanaan Karier. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_METRI_YULITA_1300349_3304_2017.pdf [thumbnail of B1_05_METRI_YULITA_1300349_3304_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_METRI_YULITA_1300349_3304_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Perencanaan karier adalah proses untuk memilih dan menentukan serta
mempersiapkan diri sesuai dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam
rangka mewujudkan keberhasilan dalam pekerjaan atau jabatan. Fenomena yang
terjadi adanya ketidaksesuaian rencana karier dengan jurusan yang ditempati
disebabkan kurangnya pemahaman mengenai jurusan tersebut karena mengikuti
teman, senior, dan arahan orangtua atau masyarakat lingkungan sekitarnya,
kebingunan mengenai pendidikan lanjutan dan pekerjaan yang diinginkan
akibatnya tidak tumbuh kepercayaan diri dalam rangka pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kepercayaan diri
dengan perencanaan karier siswa SMAN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif korelasional. Populasinya adalah siswa SMAN 2 Padang yang
berjumlah 855 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik
stratified random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 224 orang siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket berskala. Data
dianalisis dengan menggunakan teknik presentase dan untuk menguji hubungan
antara kedua variabel menggunakan teknik Pearson Product Moment Correlation.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) kebanyakan siswa memiliki
tigkat kepercayaan diri yang cukup, 2) kebanyakan siswa memiliki perencanaan
karier yang baik, dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan
diri siswa dengan perencanaan karier siswa SMAN 2 Padang.
Berdasarkan temuan penelitian tersebut disarankan guru BK memberikan
bantuan berupa layanan informasi (dunia kerja), layanan penguasaan konten (cara
meningkatkan percaya diri), layanan bimbingan kelompok (kepercayaan diri,
perencanaan karier), dan layanan konseling kelompok (hal yang menyebabkan
rendahnya rasa percaya diri) yang dapat membantu siswa-siswa untuk
meningkatkan kepercayaan diri sehingga siswa dapat meningkatkan perencanaan karier
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan Diri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:41 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25092 |