Dena, Liyesda (2009) Perbedaan Hasil Belajar IPS Ekonomi Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Teknik MURDER dengan Pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LIYESDA DENA 65165-05-09.pdf [thumbnail of final_B1_LIYESDA DENA 65165-05-09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LIYESDA DENA 65165-05-09.pdf
Download (162kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar IPS Ekonomi Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Teknik MURDER dengan Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMPN 14 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan melihat kesamaan nilai rata- rata dari total populasi. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 14 Padang. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII sebagai kelas kontrol. Variabel dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif teknik MURDER sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Teknik analisa data menggunakan pengujian hipotesis uji Z dengan α = 0.05. Sebelum tes diujikan terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. 4 2 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji Z diperoleh Z = 3.03 dan Z = 1.96 (taraf kepercayaan 95%) berarti Z > Z sehingga hipotesis dapat diterima. Kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 76.33 dengan standar deviasi 7.73. Sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 70.11 dan standar deviasi 9.58 hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif teknik MURDER lebih tinggi dibanding dengan menggunakan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMPN 14 Padang. hitung tabel hit tab Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada pihak sekolah khususnya para guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik MURDER pada mata pelajaran IPS Ekonomi, karena dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Siswa jadi lebih berminat dan termotivasi serta terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR IPS EKONOMI, PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MURDER, PEMBELAJARAN KONVENSIONAL |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:11 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25081 |