Harmanida, Harmanida (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Inkuiri Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HARMANIDA_90493_867_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HARMANIDA_90493_867_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HARMANIDA_90493_867_2011.pdf
Download (212kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya siswa yang mendapatkan nilai
IPA dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh
Sekolah Dasar Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. Rendahnya hasil
belajar disebabkan karena kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa
melalui metode Inkuiri dalam pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri
15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan
metode inkuiri. Alur yang digunakan yaitu penelitian dilakukan dengan 2 siklus.
Tindakannya yaitu orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipótesis,
mengumpulkan data, menguji hipótesis, merumuskan kesimpulan. Instrumen yang
digunakan yaitu pencatatan lapangan, lembar observasi, test hasil belajar.
Hasil penelitian belajar aspek kognitif pembelajaran IPA dengan
menggunakan metode Inkuiri, 24 orang (63,16%) berada pada kriteria kurang,
yang mencapai ketuntasan pada siklus I, meningkat menjadi 32 orang (84,21%)
kriteria baik yang tuntas pada siklus II. Sedangkan hasil belajar aspek afektif
pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Inkuiri diperoleh dari 65,59%
kriteria kurang pada siklus I meningkat menjadi 79,67% kriteria cukup pada siklus
II. Sedangkan hasil belajar aspek psikomotor dari 65,27% kriteria kurang
meningkat menjadi 78,22% kriteria cukup. Hal ini menunjukkan peningkatan
yang cukup berarti.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:10 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25072 |