Harlena, Harlena (2011) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan dengan Metode Inkuiri pada Siswa kelas V SDN 11 Sungai Tarab, Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HARLENA_50824_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HARLENA_50824_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HARLENA_50824_2011.pdf
Download (231kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti pembelajaran pecahan selama ini
disampaikan dengan mengguanakan metode konfensional. Guru lebih dominan
dalam pembelajaran sedangkan siswa pasif saja. Akibatnya minat dan hasil belajar
siswa menurun. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
memperbaiki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pembelajaran dan
meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action
research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Yang
menjadi subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa dan guru
kelas V SDN 11 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar serta Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes,
observasi, wawncara dan catatan lapangan. Peneltian ini menggunakan metode
inkuiri yang mempunyai enam langkah, yaitu: orinteasi, merumuskan masalah,
merumuskan hipotesis, menguji hipotesis, mengumpulkan data dan merumuskan
kesimpulan.
Pada siklus I hasil belajar siswa pada ranah kognitif 70.05%, ranah
afektif baru mencapai 53% dan ranah psikomotor 67%. Sedangkan kualifikasi
guru hanya 76% dan kualifikasi siswa baru mencapai 72% kategori cukup.
Kualifikasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran baru 82.14%
Setelah melakukan penelitian tindakan kelas terjadi peneingkatan pada
siklus II yaitu: hasil belajar siswa pada ranah kognitiif 80% ; ranah afektif 90.85%
; dan ranah psikomotor 88.33%. Kualifikasi guru sudah menacapai 92% kategori
baik. Sedangkan kualifikasi siswa telah mencapai 92% . Kualifikasi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran telah mencapai 92.85% kesimpulan yang dapat diambil
pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode inkuiri dapat
meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama pada
siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:26 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25062 |