Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Pendekatan Lingkungan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 09 Lubuk kilangan kota Padang

Aziz, Haristun (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Pendekatan Lingkungan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 09 Lubuk kilangan kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HARISTUN_AZIZ_NUGROHO_90728_2011.pdf] Text
final_B1_HARISTUN_AZIZ_NUGROHO_90728_2011.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan ini membahas tentang peningkatan
keterampilan menulis narasi dengan menggunakan pendekatan lingkungan pada
siswa kelas IV SD negeri 09 Lubuk Kilangan kota Padang. Diangkatnya masalah
ini berdasarkan temuan bahwa kemampuan menulis narasi siswa masih rendah.
Hal ini terlihat dari kesulitan siswa menentukan ide cerita yang akan
dikembangkan menjadi sebuah karangan narasi. Berdasarkan permasalahan
tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
keterampilan menulis siswa dengan menggunakan pendekatan lingkungan pada
siswa kelas IV SD negeri 09 Lubuk Kilangan kota Padang.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilakukan dalam dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi: perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak
sebagai praktisi yang berkolaborasi dengan guru kelas IV sebagai pengamat.
Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD negeri 09 Lubuk
Kilangan kota Padang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan lingkungan
dalam pembelajaran menulis narasi dapat meningkatkan keterampilan siswa
dalam menulis narasi di kelas IV SD negeri 09 Lubuk Kilangan kota Padang
dengan kualitas sangat baik. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan menulis
narasi siswa pada setiap pertemuan dalam masing-masing siklus. Perbandingan
hasil penilaian siklus I dengan siklus II cukup baik pada setiap tahapan menulis
narasi dengan pendekatan lingkungan. Pada pembelajaran menulis narasi siklus I
tahap pramenulis rata-rata nilai perolehan siswa 6,9 dan tahap penulisan nilai rataratanya
6,9. Sedangkan tahap pascapenulisan nilai rata-ratanya adalah 6,4. Untuk
pembelajaran menulis narasi siklus II tahap prapenulisan rata-rata nilai perolehan
siswa 8,0 dan tahap penulisan rata-rata nilai siswa 7,97. Sedangkan pada tahap
pascapenulisan rata-rata nilai siswa 7,88. Dengan demikian dapat disimpulkan
penggunaan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan pembelajaran menulis
karangan narasi siswa kelas IV di SD 09 Lubuk Kilangan kota Padang dengan
tercapainya KKM yang sudah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:25
Last Modified: 22 Sep 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25060

Actions (login required)

View Item
View Item