Ma’muroh, Hasanatun (2014) Pembuatan Instrumen Evaluasi Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis ICT untuk Mengukur Kompetensi Siswa SMP Kelas VIII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MUROH_16020_1696_2014.pdf [thumbnail of final_B1_MUROH_16020_1696_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MUROH_16020_1696_2014.pdf
Download (472kB)
Abstract
Pembelajaran IPA yang dilaksanakan secara terpadu ditingkat SMPmembutuhkan instrumen evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan standarpenilian dan berbasis ICT. Instrumen evaluasi pembelajaran IPA terpadu berbasisICT belum tersedia di sekolah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untukmengatasi masalah ini adalah dengan membuat instrumen evaluasi pembelajaranIPA terpadu berbasis ICT yang sesuai dengan panduan penilaian autentik.Penggunaan instrumen evaluasi pembelajaran IPA terpadu berbasis ICTdiperkirakan dapat membuat proses penilaian IPA lebih interaktif, menarik danmenyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumenevaluasi pembelajaran IPA terpadu berbasis ICT yang memiliki kriteria baik,valid, praktis, dan efektif.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development.Desain penelitian yang digunakan untuk uji coba terbatas adalah desaineksperimen sebelum dan sesudah. Objek penelitian ada dua macam yaituinstrumen evaluasi pembelajaran IPA terpadu berbasis ICT dan siswa kelas VIIIyang berjumlah dua kelas sebanyak 48 orang. Instrumen pengumpul data yangdigunakan adalah: lembar validasi, lembar uji kepraktisan, lembar uji efektivitasberupa lembar tes hasil belajar. Teknik analisis produk dan data yang digunakanadalah analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk, dan analisiskeefektifan produk.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasilpenelitian. Pertama, deskripsi instrumen evaluasi pembelajaran IPA terpaduberbasis ICT sudah berada pada kategori sangat valid dan memiliki validitastinggi dengan nilai rata-rata 85,24. Kedua, penggunaan instrumen evaluasipembelajaran IPA terpadu berbasis ICT dalam penilaian hasil pembelajaran IPAadalah praktis yang ditandai dengan nilai rata-rata hasil tanggapan guru IPAadalah 84,44 dan nilai rata-rata tanggapan siswa adalah 83,17 serta efektif untukdigunakan sebagai alat evaluasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EVALUASI PEMBELAJARAN IPA, MENGUKUR KOMPETENSI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:25 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25057 |