Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas V SDN 36 Gunung Sarik Kuranji Kota Padang.

Murniati, Murniati (2010) Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas V SDN 36 Gunung Sarik Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MURNIATI_10499_249_2011.pdf] Text
final_B1_MURNIATI_10499_249_2011.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan kepada pengalaman penulis di kelas V SDN 36Gunung Sarik Kuranji Kota Padang bahwa dalam pembelajaran IPS ditemukanbeberapa temuan yaitu (1) guru dominan menggunakan metode ceramah, (2)sering menyampaikan pelajaran secara klasikal, (3) kurang membimbing siswadalam belajar kelompok, (4) kurang memberikan motivasi kepada siswa yangberprestasi, (5) kurang memberikan kesempatan siswa untuk berintegrasi dengansesama teman kelompoknya. Salah satu metode pembelajaran yang penulisanggap mampu mengatasi permasalahan tersebut adalah pembelajaran kooperatiftipe Student Team Achievement Divisions (STAD.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan berdasarkan langkah penelitiantindakan kelas yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan danrefleksi. Data penelitian diperoleh dari proses pelaksanaan tindakan melaluipengamatan, hasil tes dan diskusi. Sumber data adalah proses pembelajaran .Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 36 Gunung Sarik KuranjiKota yang berjumlah 30 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 16 orang dan siswaperempuan 14 orangHasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I kualifikasi keaktifansiswa dalam pembelajaran IPS dengan metode kooperatif tipe STAD adalahkurang kemudian pada siklus II meningkat menjadi berkualifikasi sangat baik.Rata-rata kelas hasil belajar siswa pada siklus I adalah 69,33 dan pada siklus IImeningkat menjadi 81,33. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwapenerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasilbelajar IPS siswa di kelas V SDN 36 Gunung Sarik Kuranji Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:22
Last Modified: 22 Sep 2025 08:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25050

Actions (login required)

View Item
View Item