Susanti, Dila (2016) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 10 Maek Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DILA_SUSANTI_09430_3480_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_DILA_SUSANTI_09430_3480_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DILA_SUSANTI_09430_3480_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas IV SDN 10
Maek, terlihat bahwa pembelajaran penjumlahan bilangan sering didominasi oleh
guru yang menyebabkan siswa kurang aktif dan siswa masih mengalami kesulitan
karena harus menggafal rumus seperti apabila tanda negatif terletak di angka
yang besar maka hasilnya nanti akan bertanda negatif juga atau sebaliknya.Selain
itu di dalam pembelajaran bilangan bulat guru langsung menggunakan garis
bilangan. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa
dan hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan. Untuk itu diadakanlah
penelitian tindakan kelas dengan tujuan mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar penjumlahan bilangan bulat dengan pendekatan konstruktivisme di SDN
10 Maek Kecamatan Bukik Barisan.
Pendekatan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Prosedur penelitian meliputi : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Dalam pelaksanaanya, penelitian ini direncanakan untuk dua siklus, dimana siklus
I diadakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV
SDN 10 Maek yang berjumlah 14 orang yang terdiri dari 7 orang siswa laki- laki
dan 7 orang siswa perempuan.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan mengalami
peningkatan. Terlihat pada : a). Pelaksanaan pembelajaran siklus I 64% sedangkan
pada siklus II 93%. b) pelaksanaan pembelajaran terhadap peneliti siklus I 74%
dan siklus II 95%. Sedangkan terhadap siswa siklus I 63% dan siklus II 95%. c)
hasil belajar siswa aspek kognitif siklus I 62,15 dan siklus II 88,57, aspek afektif
siklus I 75,61 dan siklus II 85,71 sedangkan aspek psikomotor siklus I 73,82 dan
siklus II 92,21. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar pada
materi penjumlahan bilangan bulat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:00 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25048 |