Fitriliza, Dina (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Model Kooperatiof Type Team Game Tournament (TGT) bagi Siswa Kelas IV SDN 16 Pagambiran Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DINA_FITRILIZA_93521_1169_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_DINA_FITRILIZA_93521_1169_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DINA_FITRILIZA_93521_1169_2012.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan
pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar (SD) belum menggunakan pendekatan
Team Game Tournament (TGT). Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri
16 Pagambiran kota Padang bahwa guru kelas IV SD mengajarkan keterampilan
berbicara masih dengan cara tradisional dengan arti kata belum mengaitkan
membuat pembelajaran dengan matang, kompetensi yang ingin dicapai tidak
dijelaskandengan rinci.Ketika proses pembelajaran berlangsung ketermapilan
berbicra kurang berkembang, siswa terlihat kaku dalam berbicra didalam kelas
dan pilihan kata yang digunakan kurang beragam. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang keterampilan berbicara
dengan menggunakan pendekatan Team Game Tournament (TGT) untuk
meningkatkan keterampilan berbicara yang meliputi: (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pra berbicara, kegiatan saat berbicara, dan
kegiatan pasca berbicara, (3) Pengamatan, dan 4) Refleksi
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif
yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, Pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan
data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, dan
pretest. Subjek peneliti adalah guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang
berjumlah 30 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis
data kualitatif dan kuantitatif.
Keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan pendekatan Team
Game Tournament (TGT) pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana
nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 69,8 dan pada siklus II rata-rata
78,3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan
berbicara pada tahap pra berbicara, pada tahap saat berbicara, dan pada tahap
pasca berbicara yang mana aspek yang dinilai yaitu keberanian, inisiatif,
menghargai pendapat serta sikap, intonasi, lafal tekanan, dan pilihan katanya
dengan pendekatan Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan
keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 16 Pagambiran Kota Padang..
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:35 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25035 |