Imelda, Dina (2016) Pengaruh Pengguanaan Model Discovery Learning terhadap Penguasaan Bangun Ruang Sederhana di Kelas IV SDN Gugus II Kec. Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DINA_IMELDA_1204960_5702_2017.pdf [thumbnail of final_B1_6_DINA_IMELDA_1204960_5702_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DINA_IMELDA_1204960_5702_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
penggunaaan model discovery learning terhadap penguasaan bangun ruang sederhana
di kelas IV SDN Gugus II Kec. Lubuk Kilangan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif yang berbentuk true eksperimen. Populasi penelitian adalah
siswa – siswa SDN yang berada di Komplek Gadut dan dengan teknik pengambilan
sampel random sampling, yaitu kelompok IVA SDN 01 Bandar Buat dan IVA SDN
09 Bandar Buat. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pertanyaan objektif
sebanyak 15 butir soal dan alat pengumpul data digunakan dokumentasi dan test.
Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelas eksperimen
adalah 82,05 dan S sebesar 70,38 sedangkan pada kelas kontrol adalah 76,85 dan S
sebesar 10,35 . Hasil penelitian terlihat bahwa siswa pada kelas eksperimen yang
menggunakan model discovery learning memiliki nilai rata-rata lebih tinggi jika
dibandingkan dengan anak pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan
konvensional. Pada pengujian hipotesis diperoleh t (0,05;56) = 1,684 sedangkan thitung =
4,350pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 38. Maka dapat disimpulkan penggunaan
Model Discovery Learning Berpengaruh Terhadap Penguasaan Bangun Ruang
Sederhana Di Kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang
Tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:25 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25029 |