Haditama, Listinawati (2014) Analisis Faktor-faktor yang MempengaruhiKesiapan Bekerja Siswa SMK N 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LISTINAWATI_HADITAMA _13358_1123_2014.pdf [thumbnail of final_B1_LISTINAWATI_HADITAMA _13358_1123_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LISTINAWATI_HADITAMA _13358_1123_2014.pdf
Download (453kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang membentuk kesiapan bekerja siswa SMK N 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksploratif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK N 2 Padang tahun pelajaran 2013-2014. Teknik pengambilan sampel menggunakanaccidental sampling sebanyak 182 orang. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Dari hasil analisis data diperoleh lima faktor yang membentuk kesiapan bekerja siswa, yaitu (1) faktor utama yang mempunyai pengaruh paling besar, dengan nilai eigenvalues sebesar 8,377 yang terdiri dari faktor prakerin, nilai- nilai, karakteristik kerja, lingkungan psiko-sosial kerja, peluang karier, bimbingan karier, kemandirian, dan sikap. (2) faktor penunjang yang terdiri dari: a) faktor kepribadian dengan nilai eigenvalues sebesar 2,153 yang terdiri dari faktor kecakapan, motivasi, dan kondisi fisik dan mental. b) faktor pengendali dengan nilai eigenvalues sebesar 1,567 yang terdiri dari faktor locus of control. c) faktor lingkungan dengan nilai eigenvalues sebesar 1,143 yang terdiri dari faktor social- budaya masyarakat, teman sebaya dan kondisi social-ekonomi keluarga. dan d) faktor informasi dunia kerja dengan nilai eigenvalues sebesar 1,063 yang terdiri dari faktor jenis kerja dan prospek kerja. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan ahkirnya disarankan agar siswa meningkatkan kecakapan dan kemampuan akademik. Melalui kegiatan prakerin dan pelatihan-pelatihan yang diadakan sekolah diharapkan akan meningkatkan keterampilan siswa sehingga akan sesuai dengan kebutuhan DU/DI. Kepada Guru agar melaksanakan proses pembelajaran secara optimal dengan menggunakan metode yang tepat sesuai dengan kebutuhan DU/DI. Dan kepada sekolah agar dapat menjalin kerjasama yang baik dengan DU/DI dalam hal pemberian kesempatan kegiatan prakerin dan pemberian informasi mengenai dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KESIAPAN BEKERJA SISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:25 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25027 |