Irrahmah, Mur (2009) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VIII SMP N 1 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MUR IRRAHMAH.pdf [thumbnail of final_B1_MUR IRRAHMAH.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MUR IRRAHMAH.pdf
Download (177kB)
Abstract
Mata pelajaran Fisika merupakan salah mata pelajaran yang pentingdipelajari siswa. Meskipun telah dilakukan berbagai usaha untuk meningkatkanpenguasaan materi fisika, namun kenyataannya di lapangan penguasaan ilmufisika oleh siswa masih jauh dari yang diharapkan. Model pembelajaran kooperatifNHT merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa untukbekerjasama dalam menemukan ide dan solusi dari permasalahan yang diberikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar siswa padamata pelajaran fisika di kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Hipotesis dalampenelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajarankooperatif NHT yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaranfisika kelas VIII.Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Lubuk Alung yangberjumlah 308 orang yang terdiri dari 8 kelas dan teknik pengambilan sampelnyaadalah purposive sampling, yaitu kelas VIII4 dan VIII3 masing-masingberjumlah 35 orang. Teknik pengumpul data adalah tes dan alat pengumpul datayang digunaka adalah lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalampenelitian ini adalah hasil belajar siswa dan sumber data adalah nilai siswa.Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah70,29 dan nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 61,25. Sedangkan dari uji t-tesdiperoleh t hitung adalah 6,22. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yangsignifikan dalam model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa kelasVIII SMP N 1 Lubuk Alung pada taraf kepercayaan 95%. Dengan modelpembelajaran kooperatif NHT terutama dalam pembelajaran fisika dapatmeningkatkan aktivitas siswa, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.Model pembelajaran kooperatif NHT diharapakan dapat diterapkan dalam prosespembelajaran khususnya pada mata pelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 06:57 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 06:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25020 |