Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi dengan Pendekatan PAIKEM pada Siswa kelas III SD Negeri 18 Koto Luar Kec. Pauh Kota Padang

Lismayetti, Lismayetti (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi dengan Pendekatan PAIKEM pada Siswa kelas III SD Negeri 18 Koto Luar Kec. Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LISMAYETTI_90498_4380_2011.pdf] Text
final_B1_LISMAYETTI_90498_4380_2011.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari masalah yang ditemui yakni masih enggannya siswa untuk disuruh tampil ke depan kelas membaca puisi dan belum mampunya siswa membaca puisi sesuai dengan intonasi dan mimik yang tepat. Sehingga hasil belajar membaca puisi tidak memcapai KKM yang telah ditetapkan. Untuk itu pada penelitian ini digunakan pendekatan PAIKEM (pembelajaran aktif inovatif, kreatif efektif dan menyenangkan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, proses pelaksanaan dan hasil pembelajaran membaca puisi dengan pendekatan PAIKEM pada siswa kelas III SD Negeri 18 Koto Luar Kec. Pauh Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (classroom action research) yang berkolaborasi dengan guru kelas dan teman sejawat, pada 19 orang siswa kelas III SD Negeri 18 Koto Luar Kec. Pauh Kota Padang. Data diperoleh melalui observasi, catatan lapangan dan tes. Dianalisis dengan pendekatan kualitatif yakni berupa uraian dengan kata-kata yang dari proses pembelajaran dan analisa kuantitatif berupa angka-angka dari hasil belajar membaca puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran keterampilan membaca puisi dilakukan dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyiapkan pedomant observasi, penilaian dan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan PAIKEM sesuai dengan langkah yang telah ditetapkan. 3) Hasil dari pembelajaran tersebut adalah: Siklus I diperoleh 11 nilai rata-rata 65,79 dengan ketuntasan (57.9%). Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,53, dari angka KKM yang ditetapkan dalam pembelajaran membaca puisi pada siklus II ini telah semua anak yang tuntas. Dari hasil penyajian data dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas III SDN 18 Koto Luar Kec. Pauh Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETRERAMPILAN MEMBACA PUISI, PENDEKATAN PAIKEM
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:47
Last Modified: 22 Sep 2025 04:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24999

Actions (login required)

View Item
View Item